Technology Blog SEO Services SEO Company India Search Engine Optimization

Navigation :Home/,,/ Article :Manager dan Leader Itu

Manager dan Leader Itu


Dua artikel sebelumnya saya membahas SEO dalam kontes Stop Dreaming Start Action dan Belajar SEO Para Pemula dengan pengetahuan SEO yang minim. Merasa memang tidak akan menang dan pasti tidak menang, ya... itung-itung meramaikan dan menambah ilmu SEO saja. Kali ini saya akan bercerita atau "ngoceh" perihal Manager dan Leader. Dengan pengetahuan yang sedikit dan pas-pasan, saya mencoba membuatnya sebagai catatan dikala saya lupa.

Fungsi dasar Managemen adalah Planning, Organizing, Staffing, Directing dan Controlling. Supaya mudah diingat, saya singkat menjadi POSDC. Dari fungsi dasar management tersebut akan sering membuat pemecahan masalah yang dihadapi atau istilah kerennya "Creative Problem Solving". Yang dimaksud Planning adalah merencanakan sesuatu seperti tujuan, Organizing adalah membuat struktur organisasi untuk mencapai tujuan, Staffing adalah mengisi struktur organisasi tersebut dengan orang sesuai keahliannya "the right man on right place", Directing adalah memberi petunjuk atau pemabgian tugas pada orang yang ada pada struktur organisasi yang dibentuk untuk mencapai tujuan sesuai yang telah direncanakan dan Controlling adalah Mengontrol hasil pekerjaan apakah sudah sesuai dengan yang direncanakan atau melenceng.

Apa sih perbedaan Manager dengan Leader? Kadang saya bilang Manager adalah suatu Jabatan atau Pimpinan sedangkan Leader adalah Pemimpin yang bisa saja tidak memangku suatu Jabatan. Pokok bahasan Manager biasanya adalah memecahkan masalah, berkoordinasi dengan team dan memberikan solusi atau istilahnya adalah membagi kekuasaan, "it's my job", "it's your job" dan "Have to". Sedangkan Leader pendekatannya pada menjamin akan tercapainya solusi atau komitmen, lebih sebagai fasilitator dan menanyakan kenapa permasalahan terjadi atau istilahnya mengeluarkan potensi yang dipimpin, "it's our success" dan "want to".

Menurut Peter Drucker, Manager adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan memerintah kelompok atau individu dan membuat koreksi jika diperlukan sedangkan Lader adalah Seseorang yang mempunyai pengikut. Menurut Stephen Covey "Management is problem oriented and leadership is opportunity oriented". Menurut Kouzes dan Posner, Seorang pemimpin tidak hanya duduk dan melihat saja, tetapi seorang pemimpin mampu melakukan apa yang harus dan penting yang mereka kerjakan, dengan cara berfikir, dengan melakukan prioritas dan dengan sikap. Menurut Marcus buckingham, "A leader's job is to rally people toward a better future". Menurut Blechard, "When people leave companies, they tend not to quite the company, they are more likely to have quite the boss". Menurut Max Weber, "The organization that will survive and thrive will be those that foster act of leadership throughout the system, rather than assuming leader only exist at hte top". Menurut Pophe Ching, "The job of a leader today is not to create followers. It's to create more leader". Bagaimana pengertian Manager dan Leader menurut anda?

Kenapa kita harus menjadi Leader daripada Manager? Beberapa alasan kenapa kita harus menjadi "Leader" diantaranya adalah:
  1. Become a leader is a greate self-actualization.
  2. Become a successful leader is the best way to prove your promotability to the people who make those decisions.
  3. The abilities that are required to be a leader will enhance other aspects of your job
  4. As leader learn more, they get better faster.
  5. If you are not better, you're getting worse as you get older.

Ada singkatan DCEML yang mudah diingat sebagai ciri dari pemimpin yang berhasil atau pemimpin yang mempunyai reputasi yang baik. D adalah "Dream" dimana pemimpin harus punya "Goal" atau Tujuan jauh kedepan atau istilah kerennya punya Visi dan Misi yang jelas. C adalah "Change" dimana untuk menjadi seorang pemimpin maka harus berani membuat perubahan tidak seperti biasanya, membuat inovasi-inovasi baru. E adalah "Empowerment" dimana seorang peimpin harus bisa mengajari orang yang dipimpinnya untuk membuat perubahan yang dimaksud. M adalah "Modelling" dimana seorang pemimpin harus menjadi teladan bagi orang yang dipimpinnya. L adalah "Love" dimana seorang pemimpin harus bisa memotivasi orang yang dipimpinnya.

Selain DCEML tersebut di atas, ada juga yang merangkumnya dengan istilah "5 Crucial Leadership Qualities". Yang dimaksud 5 hal penting pemimpin yang berkualitas adalah:
1. Visonary

- Ability to set the direction of organization

2. Inspirational

- Ability to Motivate

3. Communication

- Ability to Express the Message

4. Empathy

- Ability to make connection with constituents

5. Manage Change

- Ability to Move the Organization Forward


Demikianlah perbedaan Manager dengan Leader atau orang sering mengatakan perbedaan Pimpinan dan Pemimpin. Jadi seorang Manager belum tentu Leader sedangkan Seorang Leader pasti Manager ( Pendapat pribadi saya ). Bagaimana pendapat pembaca? Sudahkan kita menjadi Leader atau Pemimpin ya... minimal pemimpin bagi diri sendiri. Terus dalam wacana pemilu presiden yang akan diselengarakan sebentar lagi, sebenarnya kita memilih Pemimpin atau hanya sekedar Pimpinan suatu Negara?

0Responses to "Manager dan Leader Itu"

    Leave a Reply

    Recommended "How To Guide" Articles By DK Gupta